Teks berjalan

SELAMAT DATANG di Mele'x teknologi Blog's ... Mohon tinggalkan kritik dan saran guna membangun blog ini lebih baik lagi... TERIMA KASIH

Selasa, 18 Oktober 2011

Kantung Penyeka (PENYEKA PORTABLE)

Pada pertandingan sepak bola kadang – kadang terjadi tackling keras oleh pemain lawan, sehingga pemain yang terkena tackling kesakitan. Pada saat itu petugas kesehatan tim akan segera masuk ke lapangan dan menyeka bagain yang sakit dengan kantung penyeka (alat penyeka portable).
Kantung penyeka portable merupakan salah satu alat P3K yang di bawa oleh pelatih sepak bola dalam mengantisipasi terjadinya kram atau terkilir. Kantung penyeka portable bekerja dengan memanfaatkan reaksi endoterm dan eksoterm secara langsung.

Kantung penyeka dingin berupa kantung plastik dua lapis. Bagian luar yang kuat berisi serbuk amonium nitrat (NH4NO3) dan plastik bagian dalam (yang mudah pecah berisi air. Apabila akan dipakai maka kantong plastik tersebut ditekan dan airnya akan keluar melarutkan amonium nitrat. Proses pelarutan amonium merupakan proses endoterm sehingga terjadi penurunan suhu. Penurunan suhu pada kantong yang mengandung 120 gram kristal amonium nitrat (Mr = 80) dan 500 mL air dapat dihitung sebagai berikut:
NH4NO3   = 120 gram
                = 120/80 mol
Total kalor yang diserap             = 1,5 mol x 26 kJ/mol
                                                = 39 kJ = 39.000 J
Jika                q = m x c x ∆T
             39.000 = 500 x 4,2 x ∆T
                  ∆T = 18,6 oC
Jadi suhu larutan akan turun sebesar  18,6 oC. Kantong dingin yang berisi amonium nitrat tidak dapat di daur ulang (sekali pakai) sebab larutan ammonium nitrat sukar dikristalkan kembali.

Kantung penyeka panas berisi natrium tiosulfat cair (Na2S2O3). Natrium tiosulfat bertahan dalamkondisi cair di bawah titikbekunya (48oC), fenomena ini disebut keadaan super dingin  (super – cold). Pada kondisi itu, bila sedikit saja  ada sedikit saja Kristal Na2S2O3 akan diikuti pengkristalan seluruh Na2S2O3 cair. Kristalisasi ini dapat dilakukan dengan menekan Kristal induk Na2S2O3 yang ada pada pojok kantung ke dalam cairan Na2S2O3 . Proses kristalisasi ini merupakan reaksi eksoterm yang dapat menaikkan suhu kantung sampai 48oC. Kantung ini dapat dipakai ulang memanaskan packing  pada air hangat hingga natrium tiosulfat akan mencair kembali.

Kantong penyeka panas portable yang lain dapat berisi serbuk besi dan garam dapur serta gas oksigen. Kantung jenis ini berupa kantong plastik yang sangat kuat agar tidak ada gas oksigen yang bocor serta dapat menahan tekanan gas oksigen.
Reaksi yang terjadi adalah :
4Fe(s) + 3O2(g) ------------>  2Fe2O3 (s)                    ∆H = - 1684 kJ/ mol

Pada saat campuran ini di kocok oksigen akan keluar dari larutan NaCl dan terjadi reaksi antara besi dan oksigen yang di katalisis oleh NaCl dan air. Pengocokan tidak boleh terlalu kuat sebab reaksi yang terjadi menghasilkan kalor yang besar dan dapat menghasilkan panas yang terlalu tinggi karena reaksinya sangat cepat. Model kantung ini hanya digunakan sekali pakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar