Teks berjalan

SELAMAT DATANG di Mele'x teknologi Blog's ... Mohon tinggalkan kritik dan saran guna membangun blog ini lebih baik lagi... TERIMA KASIH

Rabu, 19 Oktober 2011

KATALIS PENCEGAH POLUSI UDARA PADA KNALPOT KENDARAAN

Gas buang kendaraan bermotor merupakan sumber utama polusi udara yang, mengandung gas berbahaya, antara lain gas CO, gas NO, dan NO2. Gas CO berbahaya karena dapat meracuni darah, sedangkan gas NO dan NO2 bertanggung jawab terhadap terjadinya lubang ozon dan hujan asam. Selain gas-gas tersebut, asap kendaraan juga mengandung timbel yang berasal dari zat aditif pada bensin.
Berbagai cara telah dilakukan untuk mencegah polusi udara tersebut, tetapi belum ditemukan cara yang terbaik. Salah satu cara untuk menghilangkan polusi timbel dilakukan dengan maengganti bensin bebas timbel.

Untuk mencegah terbentuknya gas berbahaya pada gas buang kendaraan bermotor, salah satu penelitian yang dilakukan merekomendasikan untuk mengkondisikan agar terjadi reaksi antara gas CO dengan gas NO dan reaksi antara hidrokarbon dengan gas NO2.
CO (g)   +  NO (g)  ----------->   CO2 (g)  +   N2 (g)
CH4 (g) +   2NO2 (g)   ------------>    CO2 (g)   +   N2 (g)  +   2H2O (g) 
Reaksi  tersebut hanya dapat berlangsung pada suhu yang sangat tinggi, sedangkan pada suhu yang sangat tinggi mesin bekerja tidak efektif. Oleh karena itu, diperlukan suatu katalis yang dapat mempercepat reaksi tersebut pada suhu yang rendah.

Dari penelitian telah ditemukan suatu katalis yang terbuat dari campuran logam platina dan rhodium (Pt-Rh). Katalis tersebut dipasang pada knalpot kendaraan dan dibentuk seperti sisir. Dari hasil penelitian tersebut ternyata katalis tersebut mampu bekerja dengan baik pada suhu 400oC dan dapat bertahan sampai 50.000 mil. (± 80.000 km).

Di negara maju yang sangat memperhatikan masalah lingkungan, setiap kendaraan diwajibkan untuk memasang katalis ini pada knalpot, dikenal sebagai catalytic converter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar