Teks berjalan

SELAMAT DATANG di Mele'x teknologi Blog's ... Mohon tinggalkan kritik dan saran guna membangun blog ini lebih baik lagi... TERIMA KASIH

Kamis, 01 Desember 2011

Teknik Menyeimbangkan Otak Kanan dan Otak Kiri

Menyeimbangkan kedua belahan otak kanan dan kiri sangatlah penting untuk mencetak anak yang berkualitas dan jenius. Jika anak anda berjenis kelamin perempuan maka anda harus mengetahui bahwa pada umumnya otak sebelah kanan digunakan oleh anak perempuan. Di pihak lain, oatak kiri lebih banyak difungsikan oleh anak laki-laki.
Sering kali, Anda menggunakan organ tubuh sebelah kanan atau kiri saja. Penggunaan organ tubuh sebelah kanan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan otak kiri terbebani. Hal ini disebabkan sistem kerja otak dan tubuh anda menyilang. Kondisi yang demikian ini menyebabkan otak kanan dan kiri menjadi timpang atau tidak seimbang. Kedua belahan otak kanan dan kiri sangatlah penting. Oleh karena itu, keduanya harus dikembangkan secara seimbang agar fungsi masing-masing belahan berjalan seimbang dan saling menguatkan, jika hanya terfokus pada salah satu belahan otak maka blahan otak yang kurang berkembang akan terhambat dalam menjalankan fungsinya.
Anakpun akan menjadi miskin kreativitas bila ia lebih banyak di rangsang menggunakan belahan otak kirinya. Sebaliknya, jika fungsi belahan otak kanannya lebih dominan di gunakan maka ia akan lambat dalam berfikir logis, linier, dan teratur, yang juga sering kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Seseorang yang memanfaatkan kedua belahan otak kanan dan kirinya secara simbang akan sangat mudah belajar karena ia mempunyai pilihan untuk menggunakan bagian otak yang diperlukan dalam setiap pekerjaan yang sedang dihadapinya. Makanya anda perlu melakukan beberapa upaya yang dapat menyeimbangkan (fungsi) belahan otakkiri dan kanan. Maksud menyeimbangkan disini tentu saja berarti membuat kedua belahan otak  tersebut berfungsi ketika anda melakukan sesuatu . Berbagai upaya yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:
A.      Mendengarkan musik klasik
Musik adalah suatu hal yang sangat dekat dengan manusia. Betapa tidak , diantara kita banyak yang menyukai musik karena musik dapat merefleksikan perasaan dan membuat kita menjadi senang, tentram dan nyaman. Kondisi tersebut tidak hanya menjadikan kita menyukainya, namun sampai menjadikannya sebagai bagian dari kehidupan kita.
Untuk menyeimbangkan kecenderungan masyarakat terhadap otak kiri, perlu dimasukkan musik dan estetika dalam pengalaman belajar kita, dan memberikan umpan balik positif bagi diri kita. Semua itu menimbulkan emosi positif, yang membuat otak kita lebih efektif. Emosi yang positif mendorong kita ke arah kekuatan otak, yang berujung pada keberhasilan. Sehingga kita memperoleh kehormatan diri yang lebih tinggi, yang membuat emosi kita pun menjadi lebih positif.
Dalam belajar, misalnya kita dapat berfikir sambil mendengarkan musik yang memang kita sukai. Dengan ungkapan lain, mendengarkan musik yang kita sukai membuat kita merasa senag dan rileks sehingga merangsang fungsi belahan otak kanan, sangat membantu dalam proses belajar yang menggunakan belahan otak kiri.
B.      Senam Otak (Brain Gym)
C.      Belajar dengan baik
D.      Permainan
Mohon maaf untuk saat ini buru ini dulu yang bisa saya tulis.

1 komentar:

  1. singgah sini. aku suka baca info tentang otak dan keseimbangan ini...

    BalasHapus